Selasa, 05 Juli 2011

10 Bunyi Hewan Terbising di Dunia

foto
Manusia bisa mengeluarkan suara mencapai 80 desibel atau setara teriakan orang ribut. Untuk menambah volume suara, manusia biasa menggunakan alat bantu berupa speaker agar suaranya bisa terdengar jauh.
Tapi, berbeda dengan hewan. Untuk berkomunikasi atau alat pertahanan, beberapa jenis binatang di dunia memiliki suara yang mampu terdengar jauh. Berikut ini daftarnya:
1. Pistol shrimp
Udang jenis ini bisa menghasilkan suara mirip letusan pistol. Suara ini berasal dari gerakan capitnya saat menghadapi musuh yang berbahaya. Begitu musuh mendekat, ia akan menjentikkan capitnya lalu menembakkan gelembung air bersuhu panas dan bersuara keras yang mematikan. Menurut penelitian, saat gelembung ini meletus, suhunya mencapai 4700º C, setara panas matahari. Suara yang dihasilkan pistol Shrimp menghasilkan suara 200 desibel.
2. Paus biru
Balaenoptera musculus atau paus biru adalah mamalia laut terbesar di dunia. Bayangkan beratnya bisa mencapai 60-80 ton dengan panjang 18 meter.
Tidak aneh jika suaranya pun superkeras. Peneliti dunia mencatat suara paus biru mencapai 188 desibel. Suara ini lebih tinggi dari suara petir yang rata-rata sebesar 120 desibel.
3. Kelelawar
Binatang malam ini mempu mengeluarkan suara mencapai 137 desibel atau setara mesin pesawat jet. Suara ini berguna untuk mengenal obyek di sekitarnya. Kelelawar memancarkan suara keras untuk dipantulkan kembali dalam waktu singkat.
4. Cicada
Di Indonesia hewan ini dikenal dengan nama tongeret. Pada musim panas atau saat hewan ini kawin suara yang dikeluarkan mencapai 120 desibel.
5. Micronecta scholtzi
Serangga air dari perairan Eropa ini tak lebih dari besar dari butiran beras. Namun, suaranya mencapai 99,2 desibel atau setara konser orkestra. Uniknya lagi suara ini keluar dari penisnya yang digosokkan ke bagian perut.
6. Gajah
Gajah dipercaya sebagai mamalia terbesar yang hidup di darat. Suaranya berkisar antara 80-90 desibel, jauh lebih tinggi dari suara manusia. Namun, saat gajah menginjakkan kakinya ke tanah, getarannya bisa terdengar sejauh 20 mil.
7. Howler monkey
Hewan ini ditemukan di hutan hujan amerika. Bisa tumbuh sampai dengan tinggi 4 kaki dan biasa hidup berkelompok.
Lolongan monyet ini bisa terdengar sampai 10 mil, dan pernah masuk rekorguinness sebagai the loudest land animal.
8. Hyena
Hyena atau Hyæna adalah karnivora asli Afrika, Arab, Asia, dan subbenua India. Saat terancam, hewan ini bisa mengeluarkan serangkaian suara bernada tinggi atau disebut “cekikikan”. Para ahli zoologi menyatakan suara Hyina bisa didengar hingga 8 mil jauhnya.
9. Singa Afrika
Raungan singa jantan digunakan untuk memburu saingan dan untuk menunjukkan dominasi. Sedangkan singa betina meraung untuk melindungi anaknya dan menarik perhatian singa jantan. Auman singa bisa terdengar dalam radius 5 mil.
10. North American Bullfrog
Suara katak in bisa terdengar hingga satu setengah mil jauhnya, membuat mereka jauh lebih besar dan lebih ganas daripada sebenarnya. Untuk membuat suara beresonansi yang digunakan untuk panggilan kimpoi, katak jantan memompa udara bolak-balik antara paru-paru dan mulut dan di seberang pita suaranya.

Serba Menarik

Tidak ada komentar: