Senin, 24 September 2012

Jawaban soal fisika SMA - 029

Ini pertanyaan dari Nungki Widya Savitri siswa kelas 11 IPA SMA Neg 54 Jakarta

Pak saya mau tanya persamaan kecepatan sebuah titik materi menurut Vx = (2t - 4) m/s. Bila pada t=0 titik materi berada di x=10m, maka pada saat t=2s materi berada pada ...
Itu Vx nya di integral apa di diferensial pak?
Kenapa t=0 x=10m tapi kalo dihitung pake integral atau pake diferensial x pada 2s malah berkurang? Apa itu GLBB diperlambat?


Jawaban
Kamu kritis, ya betul ini adalah GLBB tapi bukan diperlambat justru dipercepat. Koq malah pada t =2s x malah berkurang ya?
Dari persamaan v nya terlihat bahwa materi tersebut dipercepat dgn percepatan 2 m/s2,  namun kecepatan awalnya justru negatif artinya mundur. Bagaimana memahami ini?..

Bayangkan sebuah mobil mainan yg dipegang dengan bannya berputar kearah depan semakin cepat. Namun tepat ketika diletakkan di jalan / lantai mobil di dorong ke belakang. Pasti mobil itu akan ke belakang sesaat (mundur), tapi setelah itu akan maju

Untuk lebih jelasnya, coba masukkan hasil x di atas ke t = 1s, t = 2s, t = 3s, t= 4s, dst. Terlihat bahwa gerakannya mundur kemudian maju. Dia mulai maju pada detik t = 2s. Dan pd detik ke t = 4s dia kembali pada posisi semula (x =10 m)

Kunjungi juga : http://mymasdep.blogspot.com/

Tidak ada komentar: