Kamis, 01 Desember 2011

Jawaban soal fisika S1 - 002



Ini pertanyaan dari Adhanystika Dica Dwi Yanti via inbox facebook

Pak, saya belum terlalu mengerti dengan persamaan Scrhodinger. bagaimana awal terbentuknya persamaan Scrhodinger tersebut, apa dasarnya dan kaitannya dengan efek Zeeman dan ketidakpastian Heisenberg. kemudian mengapa persamaan tersebut bisa berhasil menjelaskan dengan sempurna kedudukan atom hidrogen dalam kaitannya dengan bilangan kuantum atom..
mohon pencerahannya ya Pak.
di share lewat blog bapak juga boleh Pak..
terimakasih Pak
Jawab:
Persamaan Schrodinger muncul dari kenyataan bahwa kuantitas yang diperlukan dalam mekanika kuantum ialah fungsi gelombang Ψ dari benda itu.
Nilai dari Ψ2 berbanding lurus dengan peluang P sehingga ini berkaitan dengan ketidakpasian Heisenberg. Ini muncul dari kenyataan bahwa sebuah partikel bergerak harus dipandang sebagai sebagai grup gelombang de Broglie.Misal grup gelombang seperti pada gambar

Lebih lebar grup gelombang, lebih banyak jumlah gelombang yang terkandung dan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan panjang gelombang serta momentum partikel. Namun karena partikel itu terdapat di suatu tempat dalam grup gelombang itu, kita tidak dapat menemukannya secara tepat. Jika grup gelombang itu sempit , kedudukan partikel itu terdefinisikan dengan baik. Inilah keterkaitannya dengan ketidakpastian Heisenberg.



Dari persamaan Schrodinger untuk koordinat bola
Setelah diselesaikan akan didapatkan 3 bilangan kuantum:
Bilangan kuantum utama = n = 1,2,3,….
Bilangan kuantum orbital = l = 0, 1, 2, 3, …. (n – 1)
Bilangan kuantum magnetik = ml = 0, ±1, ±2, ±3, …..±l…
Adanya bilangan bilangan kuantum ini dan bilangan kuantum spin dapat menjelaskan dengan sempurna atom hydrogen yang tidak bias dijelaskan oleh model atom Bohr, karena hanya memperkanalkan satu bilangan kuantum yaitu bilangan kuantum utama (n). Termasuk yang bias diterangkan adalah adanya efek Zeeman yaitu terpecahnya garis spectral karena adanya medan magnet. Fenomena ini dapat dijelaskan dengan adanya bilangan kuantum magnetik



Kunjungi juga : http://mymasdep.blogspot.com/

Tidak ada komentar: